Makanan Khas Kalimantan Timur Paling Recommended

Nikita N

Makanan Khas Kalimantan Timur Paling Recommended

Kalimantan Timur, sebuah provinsi yang terletak di Pulau Kalimantan, Indonesia, tidak hanya terkenal dengan kekayaan alamnya yang melimpah, tetapi juga dengan kelezatan kuliner tradisionalnya.

Dengan beragam budaya etnis yang berbeda dan pengaruh budaya Melayu yang kuat, makanan khas Kalimantan Timur memiliki cita rasa yang unik dan memikat.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa Makanan Khas Kalimantan Timur yang paling direkomendasikan untuk dicoba.

1. Nasi Ulam

Nasi Ulam adalah hidangan nasi campur khas Kalimantan Timur yang terbuat dari nasi yang dicampur dengan berbagai macam sayuran segar yang diiris halus, seperti daun kemangi, daun kencur, daun singkong, daun pepaya, dan lain-lain.

Nasi ulam disajikan dengan berbagai lauk-pauk seperti ikan bakar, telur rebus, sambal, dan kerupuk. Rasanya yang segar dan gurih membuat nasi ulam menjadi hidangan yang sangat disukai di Kalimantan Timur.

2. Papeda

Papeda adalah hidangan bubur sagu khas Kalimantan Timur yang terbuat dari sagu yang direbus hingga mengental dan disajikan dengan kuah ikan yang gurih dan pedas. Papeda biasanya disajikan dengan lauk ikan bakar atau ikan pindang serta sambal.

Tekstur papeda yang kenyal dan kuah ikan yang kaya rempah membuat hidangan ini sangat cocok dinikmati sebagai makanan utama di Kalimantan Timur.

3. Rintek Wuuk

Rintek Wuuk adalah hidangan daging sapi atau kerbau yang dipotong kecil-kecil dan diungkep dengan bumbu rempah-rempah khas Kalimantan Timur seperti serai, daun jeruk, daun salam, dan cabai.

Baca Juga:  5 Restoran Baru di Sydney, Australia yang Harus Dikunjungi

Daging yang telah diungkep kemudian digoreng hingga kering dan disajikan dengan nasi hangat serta sambal. Rasa daging yang empuk dan aromanya yang harum membuat rintek wuuk menjadi hidangan yang sangat nikmat dan populer di Kalimantan Timur.

4. Kue Jala

Kue Jala adalah kue tradisional khas Kalimantan Timur yang terbuat dari adonan tepung terigu yang dituangkan ke dalam cetakan khusus yang mirip dengan jaring laba-laba.

Adonan kemudian digoreng hingga kecokelatan dan disajikan dengan berbagai macam saus atau sirup manis. Teksturnya yang renyah di luar namun lembut di dalam membuat kue jala menjadi camilan yang sangat disukai di Kalimantan Timur.

5. Panganan Manuk

Panganan Manuk adalah hidangan ayam goreng khas Kalimantan Timur yang terbuat dari ayam yang dibumbui dengan rempah-rempah khas Kalimantan Timur seperti lengkuas, kunyit, jahe, dan cabai, kemudian digoreng hingga kecokelatan.

Hidangan ini biasanya disajikan dengan nasi hangat dan sambal. Rasanya yang gurih dan rempah membuat panganan manuk menjadi hidangan yang sangat lezat dan direkomendasikan untuk dicoba di Kalimantan Timur.

6. Soto Banjar

Soto Banjar adalah hidangan sup khas Kalimantan Timur yang terbuat dari kaldu ayam yang kaya rempah-rempah, daging ayam, bihun, telur rebus, dan irisan ketupat.

Soto Banjar disajikan dengan tambahan bawang goreng, daun bawang, dan emping sebagai pelengkapnya. Rasanya yang gurih dan harum rempah membuat soto Banjar menjadi hidangan yang sangat nikmat dan direkomendasikan untuk dicoba di Kalimantan Timur.

Baca Juga:  Menikmati Menu Burger Terenak di Indonesia

Kesimpulan

Kuliner Khas Samarinda menawarkan berbagai hidangan yang lezat dan unik, yang mencerminkan kekayaan budaya dan bahan-bahan lokal yang melimpah di daerah ini.

Dari nasi ulam yang segar hingga rintek wuuk yang gurih, setiap hidangan menawarkan cita rasa yang memikat dan memuaskan. Jika Anda mengunjungi Kalimantan Timur, pastikan untuk mencicipi berbagai makanan khas ini untuk pengalaman kuliner yang tak terlupakan.

Avatar photo

Nikita N

Nikita N adalah penulis dan blogger yang berfokus pada wisata dan gaya hidup. Dengan latar belakang dalam jurnalisme dan fotografi, ia menggabungkan narasi menarik dengan visual yang memikat dalam karya-karyanya.

Tags

Share:

Rekomendasi